Tugas utama guru adalah berusaha mengembangkan segenap potensi peserta didiknya secara optimal, agar mereka dapat mandiri dan berkembang menjadi manusia-manusia yang cerdas, baik cerdas secara fisik, intelektual, sosial, emosional, moral dan spiritual. Sebagai konsekuensi logis dari tugas yang diembannya, guru senantiasa berinteraksi dan berkomunikasi dengan peserta didiknya. Dalam konteks tugas, hubungan diantara keduanya adalah hubungan profesional, yang diikat oleh kode etik.
Berikut ini disajikan nilai-nilai dasar dan
operasional yang membingkai sikap dan perilaku etik guru dalam
berhubungan dengan peserta didik, sebagaimana tertuang dalam rumusan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI):
- Guru berperilaku secara profesional dalam melaksanakan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
- Guru membimbing peserta didik untuk memahami, menghayati dan mengamalkan hak-hak dan keUmuman sebagai individu, warga sekolah, dan anggota masyarakat.
- Guru mengetahui bahwa setiap peserta didik memiliki karakteristik secara individual dan masing-masingnya berhak atas layanan pembelajaran.
- Guru menghimpun informasi tentang peserta didik dan menggunakannya untuk kepentingan proses kependidikan.
- Guru secara perseorangan atau bersama-sama secara terus-menerus berusaha menciptakan, memelihara, dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik.
- Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang dilandasi rasa kasih sayang dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan fisik yang di luar batas kaidah pendidikan.
- Guru berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik.
- Guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan keseluruhan kepribadiannya, termasuk kemampuannya untuk berkarya.
- Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali merendahkan martabat peserta didiknya.
- Guru bertindak dan memandang semua tindakan peserta didiknya secara adil.
- Guru berperilaku taat asas kepada hukum dan menjunjung tinggi kebutuhan dan hak-hak peserta didiknya.
- Guru terpanggil hati nurani dan moralnya untuk secara tekun dan penuh perhatian bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya.
- Guru membuat usaha-usaha yang rasional untuk melindungi peserta didiknya dari kondisi-kondisi yang menghambat proses belajar, menimbulkan gangguan kesehatan, dan keamanan.
- Guru tidak boleh membuka rahasia pribadi peserta didiknya untuk alasan-alasan yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan, hukum, kesehatan, dan kemanusiaan.
- Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesionalnya kepada peserta didik dengan cara-cara yang melanggar norma sosial, kebudayaan, moral, dan agama.
- Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesional dengan peserta didiknya untuk memperoleh keuntungan-keuntungan pribadi.
Dalam
budaya Indonesia, hubungan guru dengan
peserta didik sesungguhnya tidak hanya terjadi pada saat sedang
melaksanakan tugas atau selama berlangsungnya pemberian pelayanan pendidikan.
Meski seorang guru sedang dalam keadaan tidak menjalankan tugas, atau sudah
lama meninggalkan tugas (purna bhakti), hubungan dengan peserta didiknya
(mantan peserta didik) relatif masih terjaga. Bahkan di kalangan masyarakat
tertentu masih terbangun “sikap patuh pada guru” (dalam bahasa
psikologi, guru hadir sebagai “reference group”). Meski secara
formal, tidak lagi menjalankantugas-tugas keguruannya, tetapi
hubungan batiniah antara guru dengan peserta didiknya masih relatif kuat, dan
sang peserta didik pun tetap berusaha menjalankan segala sesuatu yang diajarkan
gurunya.
Dalam
keseharian kita melihat kecenderungan seorang guru ketika bertemu dengan
peserta didiknya yang sudah sekian lama tidak bertemu. Pada umumnya, sang guru
akan tetap menampilkan sikap dan perilaku keguruannya, meski dalam wujud yang
berbeda dengan semasa masih dalam asuhannya. Dukungan dan kasih sayang
akan dia tunjukkan. Aneka nasihat, petatah-petitih akan meluncur dari
mulutnya.
Begitu
juga dengan sang peserta didik, sekalipun dia sudah meraih kesuksesan hidup
yang jauh melampaui dari gurunya, baik dalam jabatan, kekayaan atau ilmu
pengetahuan, dalam hati kecilnya akan terselip rasa hormat, yang diekspresikan
dalam berbagai bentuk, misalnya: senyuman, sapaan, cium tangan, menganggukkan
kepala, hingga memberi kado tertentu yang sudah pasti bukan dihitung dari nilai
uangnya. Inilah salah satu kebahagian seorang guru, ketika masih bisa sempat
menyaksikan putera-puteri didiknya meraih kesuksesan hidup. Rasa hormat
dari para peserta didiknya itu bukan muncul secara otomatis tetapi justru
terbangun dari sikap dan perilaku profesional yang ditampilkan sang guru ketika
masih bertugas memberikan pelayanan pendidikan kepada putera-puteri didiknya.
No comments :
Post a Comment
Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.