Friday 5 September 2014

RPP Bilangan Bulat Kelas 7 SMP Kurikulum 2013



Aktivitas 4 minggu awal pada tahun pelajaran 2014/2015, memang sungguh melelahkan. Sering kali harus sampai larut malam, terkadang sampai pukul 01.30 WIB saya menyusun RPP berikut penilaian serta Lembar Kegiatan (LK) untuk siswa. Namun demikian, rasanya ada kepuasan tersendiri setelah RPP dan form pendukung lainnya ini selesai yaitu saya memiliki RPP yang murni karya sendiri dan benar-benar diterapkan dalam pembelajaran.

Khusus dalam RPP ini, dasar penyusunannya adalah Buku Siswa. Secara garis besar RPP Matematika Kelas VII (Tujuh) Tahun Pelajaran 2014/2015 dibuat dalam 4 RPP sesuai Materi Pokok yang wajib dibahas, yaitu RPP-01.Bilangan, RPP-02.Himpunan, RPP-03.Perbandingan, dan RPP-04.Garis-dan-Sudut. Masing-masing RPP disusun untuk beberapa pertemuan dengan pertimbangan alokasi waktu dalam program tahunan, program semester,  kalender pendidikan sekolah, dan jadwal KBM. Tiap-tiap pertemuan dirancang dengan mempertimbangkan muatan submateri pokok dan kedalaman materi yang akan dibahas.

Secara umum RPP saya ini 95% mengacu pada Buku Siswa, baik materi maupun penilaiannya. Menurut saya, jika materi dalam buku siswa sudah memadahi dan bisa digunakan untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) maka itu sudah cukup, tetapi jika masih kurang, maka kita  harus menambah dari sumber lain, misalnya dari Modul yang kita susun sendiri dan diwujudkan dalam LK.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada rekan guru se-Indonesia hasil karya saya tersebut. Khusus dalam posting ini akan saya tampilkan RPP-01.Bilangan berikut Lembar Form Penilaiannya. Sengaja saya buatkan form PDF, dengan harapan ini hanya akan menjadi motivasi, sehingga guru yang berkesempatan mengunduhnya akan memiliki keinginan untuk mengembangkan sesuai kebutuhan siswa dan sekolah tempatnya bertugas.

Berikut tautannya:
1. Download RPP-01.Bilangan
2. Download Lembar Observasi Sikap
3. Download Penilaian Jurnal
4. Download Form Penilaian Diri
5. Download Form Penilaian Antar-Teman

Untuk materi PowerPoint Bilangan, silakan unduh di sini. (Media PowerPoint/PPt Bilangan Kelas 7 SMP)

48 comments :

  1. kenapa RPP nya tak bisa di download ya pak??

    ReplyDelete
  2. postingan yang amat membantu nih,pak...maaf,apa bisa ya nanti bantu kami di daerah lain dgn upload RPP, dengan lampiran2nya tapi file word aja ya pak... terima kasih, salam pendidikan dari teman2 guru di NTT ya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu mohon bantuanya kirimkan RPP ke email saya mathematicf@yahoo.com yang dari pak Gunanto.. trimksh banyak bu.

      Delete
  3. Ok saya kirim via email aja ya bu...

    ReplyDelete
  4. mohon bantuannya pak Gunanto Zidan, untuk rpp nya, lewat emal..
    darrisnice@gmail.com

    ReplyDelete
  5. minta kirim juga mas otjad_n@yahoo.co.id
    file word aja

    ReplyDelete
  6. Mohon bantuannya pak Gunanto Zidan, untuk RPP nya....yoseptandi@gmail.com
    trimah kasih bantuannya

    ReplyDelete
  7. mohon bantuannya pak Gunanto Zidan utnuk RPP tolong kirim ke email ivia.arvia@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Ke ivia.arvia@gmail.com sudah saya kirimkan...

    ReplyDelete
  9. Pak Gunanto mohon bantuannya untuk mengirim RPP via e-mail..dwahyulatri@gmail.com..terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak, mohon dikirim juga ke sugaahmadi@gmail.com karena saya sangat butuh.

      Delete
    2. bisa dikirim RPP ke email la3la_math@yahoo.com?

      Delete
  10. Assalamuallaikum wr wb
    Pk Gun mohon bantuannya untuk mengirim RPP dan PPT untuk kelas VII semester 2 kalau ada via e-mail elyflorakurnia@gmail.com. Terima Kasih Pak Gunanto..

    ReplyDelete
  11. Pak Gun mohon bantuannya untuk mengirim RPP Bilangan Bulat untuk kelas VII SMP semester 1 tolong kirim ke email
    wulansundari131294@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum wr wb, terimakasih bapak telah berbagi, jika diijinkan saya juga boleh meminta rpp bilangan bulatnya. email saya labhie@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  13. email saya totodwiarto@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum wr wb
    Pak Gunanto apakah sudah ada RPP kelas VII semester 2? Kalau ada ijin untuk meminta. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk semester 2, karena sekolah kami kembali ke kur-2006, maka saya tdk membuatnya Mbak Ela... Maaf ya..

      Delete
  15. Assalamualaikum wr wb
    Pak Gunanto mohon bantuannya untuk mengirim RPP Bilangan Bulat ke email putri.dr93@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Pak Gunanto mohon bantuanny untuk mengirim RPP Bilangan Bulat untuk kelas VII SMP semester 1 tolong kirim ke email yuliana.theresialt@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum,
    Pak Gunanto, mohon berkenan untuk mengirim RPP Bilangan Bulat yang tertera di atas ke alamat email a_zhev@yahoo.co.id.
    Terima Kasih Sebelumnya.

    ReplyDelete
  18. asslkm wr wb.
    pak gunanto yang baik hati,
    mohon bantuannya sharing rpp kurtilas matemmatika kelas 7 nya
    jazakumullohu khoiron katsiron

    e mail rizqiapriyambodo@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  19. Pak, mohon bantuannya untuk mengirim RPP bilangan bulat kelas VII semester 1 via email ya. Email saya anisah.rahmah@rocketmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. Bpk/Ibu yang meminta, sudah saya kirim lewat email, silakan cek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pak, jika berkenan dikirim ke nida.nied@gmail.com. Terima kasih, semoga menjadi ladang amal Bapak

      Delete
  21. mohon ijin untuk download ppt pembelajarannya ya

    ReplyDelete
  22. mohon ijin untuk download ppt pembelajarannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr. Maston, silakan, jika ingin yang lengkap, kirimkan alamat emailnya. Nanti saya kirim via email. Bu Nida Usholha, sudah saya kirim ya...

      Delete
  23. Pak, mohon rpp nya dikirimkan ke email saya di riarhmaa@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  24. Pak, mohon rpp nya dikirimkan ke email saya di tiara.ristikasari@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum pak,
    saya fitri di papua, mohon bantuannya pak untuk rpp nya dapat dikirim ke email saya di fitriyanti1912@gmail.com.
    Atas bantuannya diucapkan terimakasih

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum pak,,,apa kabar pak gun??sudah lama ini tidak bersua di dunia maya,..pak gun,bisa kirim kan rpp dan ppt yg lengkap pak,tahun depan sekolah saya ditunjuk k 13 pak,,trima kasih pak ilmunya pak,.email : camal.tirta@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Pak gunn
    mohon bantuannya sharing rpp kurtilas matemmatika kelas 7 nya
    jazakumullohu khoiron katsiron tlng kirim ya pak : tosya_yuzan@yahoo.com

    ReplyDelete
  28. walaupun sudah ada model terbaru tapi untuk menambah referensi kiranya bapak bisa mengirim file rpp nya ke jalalijunior@gmail.com. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  29. Salam Kenal,
    Mohon bantuannya ya Pak..., coz sy baru pertama kali mengenal K13 revisi 2016. Sy butuh banget RPP Matematika kelas 7 nya, mohon dikirim ke
    maulana.firdaus.adhipramana@gmail.com
    atau
    maulana_firdaus_adhipramana@yahoo.co.id
    Makasih bantuannya... :-)

    ReplyDelete
  30. Salam Kenal,
    Mohon bantuannya ya Pak..., coz sy baru pertama kali mengenal K13 revisi 2016. Sy butuh banget RPP Matematika kelas 7 nya, mohon dikirim ke
    maulana.firdaus.adhipramana@gmail.com
    atau
    maulana_firdaus_adhipramana@yahoo.co.id
    Makasih bantuannya... :-)

    ReplyDelete
  31. mohon bantuanx pak rpp matematika kelas 7 k.13 edisi revisi. dikirim email saya, isfanpuja@gmail.com, terima kasih bantuanx

    ReplyDelete
  32. Pak Gunanto mohon bantuannya sekiranya tidak merepotkan kirim RPP kelas 7 K-13 edisi revisi ke email saya la3la_math@yahoo.com...Terima kasih banyak sebelumnya pak...Jazakalahu khairan katsira

    ReplyDelete
  33. Pa Gunarto yang baik. RPP K 13 Revisi mohon di kirim ke : ayi_rukman67@yahoo.com. Sebagai bahan perbandingan dng RPP saya
    Makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  34. mohon bantuannya pak untuk RPP bisa di kirim ke stenly_7@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  35. mohon bantuannya pak Gunanto untuk mengirimkan RPP ke email yulianti_as1993@yahoo.com
    terima kasih banyak sebelumnya pak

    ReplyDelete
  36. assalamu'alaikum pa gun mohon dikirim juga ke ypiibnuajhari@gmail.com

    ReplyDelete

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.