Friday 5 September 2014

RPP Materi Himpunan Kelas 7 SMP Berdasarkan Kurikulum 2013



Alhamdulillah, selesai juga menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika SMP pada Bab II Materi Pokok Himpunan untuk semester 1 ini. Cukup melelahkan, karena benar-benar muncul dari keinginanku untuk tidak mencontek dari RPP manapun, atau mengedit RPP orang lain. Wow, narsis ya...tapi memang membuat sendiri itu lebih terasa nikmatnya.

RPP ini kubuat sesuai program semester, berisi 11 kali pertemuan termasuk 1 pertemuan untuk membahas soal latihan dan 1 pertemuan untuk ulangan harian. Sebenarnya ada yang kurang sreg, terutama pada bagian "Sifat Operasi Himpunan" yang hanya disampaikan sekilas dan dangkal saja. Tapi bagaimana lagi? Alokasi waktu yang gak memungkinkan untuk lebih dalam. Itupun sudah memangkas beberapa materi esensial yang memang tidak dimuat dalam Buku Siswa untuk Materi Himpunan yang terpaksa saya selip-selipin seperti Himpunan Nol, Menyatakan Anggota dan Bukan Anggota Himpunan, Kardinalitas juga masih dangkal, dan masih banyak lagi lah.....

Yang paling merepotkan pada materi Himpunan ini adalah pendekatan algoritma yang diterapkan untuk memecahkan masalah kesamaan himpunan, selisih himpunan, dan lainnya. Menurut saya ini berlebihan, tapi memang bermanfaat untuk melatih siswa berpikir konstruktif. Repotnya, ini memakan waktu, tetapi untuk menanamkan konsep dan merekonstruksi pola pikir tentu ini sangat bagus jika siswa berhasil menggunakannya.

Bagusnya materi Himpunan dalam Buku Siswa adalah bobot soal yang ada akan cukup menguras energi pikir siswa. Beberapa pertanyaan/soal dalam soal latihan maupun contoh dan pembahasannya lumayan mendalam. Ini yang saya prediksikan akan menguras waktu juga ketika pembahasan di kelas.

OK, sekarang meluncur ke karyaku ya, tentu masih banyak kekurangan, dan untuk itu saya menantikan segala macam perbaikan dari siapapun yang sempat mengunduh dan membacanya.

Bagi yang ingin membaca atau mengompilasi, silakan tulis kontak/email di:  Forum Diskusi insya Allah nanti saya kirim filenya.

16 comments :

  1. hehehe.. maaf, untuk sementara masih perlu saya revisi dulu. saya lupa jika di dalam RPP saya sudah termuat semua soal Latihan berikut kunci jawabannya...jika didownload oleh anak2...kan bisa gawat... Jadi nanti, saya perlu menghapus semua penilaian aspek pengetahuan, baru saya pasang link-nya lagi...mohon bersabar...

    ReplyDelete
  2. salut pak... saya malah kadang memilih mengelak dari buku siswa yang soalnya saya anggap terlalu sulit.. saya perlu belajar dari guru-guru yang berhasil menjiwai kurtilas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hem... kita harus mencoba terlebih dulu bu....

      Delete
  3. silakan kirim email ke gunanto75@gmail.com ya bu

    ReplyDelete
  4. Pa mhn krm untuk rpp dan ppt himpunan, grs dan sudut, perbandngn, transformasi, segitiga segiempat, statistika peluangnya kirim ke diptaramazan@gmail.com. Sblmnya sy ucpkn trmksh ats krmn rpp ppt blngn smoga mnjdi berkah

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum,, bapak boleh saya minta rpp materi himpunan nya pak,, klo boleh, tolong kirim ke email saya ya pak Mardhiyah_Almastury@yahoo.co.id Terimakasih pak,,,

    ReplyDelete
  6. pak boleh mintak rppnya buat acuan pertama saya menjadi guru,, ni email saya andrevarera@gmail.com

    ReplyDelete
  7. saya mau download pak gimana, kebetulan saya hari senin mau maju praktek lapangn, jdi saya bingung bbgaimana membuat rpp nya, ini email saya noorrizkiah17@gmail.com , mohon bantuannya pak terima kasih pak

    ReplyDelete
  8. Bismillah...
    boleh kirim pak ke Agus160694@gmail.com buat referensi kuliah saya pak
    terimakasih bpk

    ReplyDelete
  9. pa boleh kirim rpp dan ppt himpunan ke diptaramazan@gmail.com. terimakasih

    ReplyDelete
  10. pa boleh kirim rpp dan ppt himpunan ke diptaramazan@gmail.com. terimakasih

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. pak mohon diemail ke ariefwewet@gmail.com, Terima kasih

    ReplyDelete

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.