Friday 12 September 2014

PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI


Oleh
GUNANTO

Pembelajaran berbasis TIK diidentikkan dengan pembelajaran yang memanfaatkan peralatan pokok berupa komputer  oleh guru dan siswa. Selain itu, kegiatan pembelajaran tersebut perlu didukung oleh sebuah jaringan lokal yang memiliki server sebagai sumber informasi dan komunikasi pokok atau terhubung secara online dengan jaringan internet. Tersedianya dua komponen berupa komputer dan jaringan internet yang memadai saja tentu belum cukup untuk terselenggaranya sebuah proses pembelajaran. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar pembelajaran berbasis TIK dapat terwujud. Berikut ini persyaratan yang dinilai paling pokok.

1.     Setiap siswa dan guru masing-masing memiliki laptop dengan spesifikasi:
  •  Operating System diseragamkan Windows 7/8
  •  Ms Office 2007 atau lebih baru.
  •  RAM 2 Gb atau lebih.
  •  Hardisk 100 Gb atau lebih.
  •  Dilengkapi dengan aplikasi minimal: Nitro Reader, WinRar/Zip, Wifi, dan Bluetooth.

  • 2.    Setiap siswa dan guru memiliki kompetensi dasar minimal:
    • Menghidupkan dan mematikan laptop dengan prosedur yang benar.
    • Merawat, menjaga, dan menggunakan laptop secara benar/bertanggung jawab.
    • Menggunakan aplikasi Ms Office pokok yaitu Ms Word, PowerPoint, dan Excel.
    • Mengelola dan menggunakan akun email pribadi secara bertanggung jawab.
    • Mengelola dan menggunakan salah satu akun drive online misalnya Google-drive, SkyDrive, atau 4Shared.
    • Memanfaatkan MMP untuk presentasi.
    3.    Setiap guru memiliki kompetensi pembelajaran minimal:
    • Menerapkan pendekatan ilmiah (saintifik) yaitu pembelajaran melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/menalar, dan mengomunikasikan.
    • Mengelola kelas secara efektif.
    • Menggunakan website atau blog untuk pembelajaran.
    • Mengatasi  berbagai masalah (misoperasi) laptop baik milik guru itu sendiri dan milik siswa.
    4.    Perangkat/peralatan di dalam ruang kelas, minimal terdiri dari:
    • Multi media projector (MMP) 1 unit.
    • Wifi zone, berdasarkan pengalaman sebuah TP Link merk TL-WA5210G mampu digunakan akses bersama secara normal untuk 10 laptop, sehingga untuk 32 siswa perlu 3 TP Link merk tersebut.   
    • Sound system, minimal speaker aktiv 1 set.
    • Kipas angin (wall fan) 4 unit atau lebih, lebih disarankan ruangan full AC.
    • Jaringan listrik yang mencukupi (36 lubang colokan tersebar dalam ruang).
    • Printer, direkomendasikan merk Epson seri L110 terbaru.
    • Lemari penyimpanan peralatan yang kuat/aman (dapat dikunci).

    Pilihan model pembelajaran yang dapat diterapkan:
    1.     Model-1: Pembelajaran Klasik
        Tahapan dalam pembelajaran:
    1. Membaca modul/materi yang telah disiapkan guru.
    2. Menanya tentang  hal-hal yang kurang jelas atau hal-hal lain yang berkaitan dengan materi pokok. Catatan-1:     Guru dapat terlebih dahulu memberi contoh pertanyaan melalui PPt atau secara lisan jika tidak ada siswa yang mencoba menanya.
    3. Mengumpulkan informasi tambahan melalui buku siswa, buku referensi yang direkomendasikan guru, atau secara online dalam internet.  Catatan-2:     Membuat resume minimum 3 kalimat yang merupakan inti informasi yang berhasil diperoleh. Hasil resume dapat dikirim ke email guru atau ditulis dalam secarik kertas dan dikumpulkan kepada guru. Guru dapat memberi penguatan secara lisan atau melalui PPt.
    4. Mendownload bahan diskusi dari blog guru, kemudian mendiskusikannya dalam kelompok. Catatan-3:     Bahan diskusi guru sebaiknya berupa file word atau excel yang diberi password untuk membukanya, guru dapat mengupload bahan diskusi tersebut sehingga siswa dapat mendownloadnya beberapa hari sebelumnya, bisa dengan cara diberi tahu guru, kemudian password diberikan guru dalam proses KBM.
    5. Perwakilan kelompok ditunjuk untuk mempresentasikan hasil diskusi. Catatan-4:    Guru membimbing jalannya diskusi dan diperkenankan mengarahkan pada proses atau pemecahan masalah yang benar tetapi tidak diperkenankan mendominasi dalam diskusi tersebut.
    6. Membuat resume atau rangkuman.
    7. Mengerjakan tugas individu. Catatan-5:     Tugas ini tidak bersifat mutlak, tetapi harus menyesuaikan RPP atau alokasi waktu yang masih tersedia.
    8. Memberikan tugas di rumah. Catatan-6:    Bisa berupa PR, tugas mendownload file dari blog guru, atau mencari informasi tertentu dari internet atau sumber lainnya. Sesuaikan dengan RPP.

    2.    Model-2: Pembelajaran Klasik Plus+
    Pra Pembelajaran:
    Siswa telah diberi tugas secara individu beberapa hari sebelum pertemuan. Setiap siswa mengirimkan hasil tugasnya via email atau flashdisk sebelum hari H proses pembelajaran. Guru telah membaca, memeriksa, dan memberi nilai terhadap hasil tugas siswa yang dikirimkan tersebut. Guru menyusun reviu terhadap seluruh hasil kerja siswa terutama pada bagian-bagian yang terbaik/benar dan terburuk/salah. Jika ada siswa yang belum mengumpulkan sampai batas waktu yang diberikan, guru diperkenankan menghubungi orang tua via telepon atau email.

    Tahapan dalam pembelajaran:
    1. Mendiskusikan hasil tugas siswa berdasarkan reviu  guru bisa melalui PPt atau dibacakan secara lisan oleh guru/siswa yang ditunjuk. Catatan-1:    Hasil reviu guru yang bernilai/berisi hal negatif/buruk/salah hendaknya tidak diketahui cuplikan dari hasil kerja siswa tertentu, tetapi boleh dikomunikasikan kepada siswa secara personal. Hasil reviu guru yang bernilai/berisi hal positif/baik/benar diperkenankan diketahui cuplikan dari hasil kerja siswa tertentu dengan menyebut namanya bertujuan untuk memberikan penghargaan dan motivasi.
    2. Untuk langkah ke-2 sampai ke-8 secara garis besar sama dengan langkah pada Model-1.

    3.    Model-3: Berkirim Email
    Pra Pembelajaran:
    • Guru menyusun tugas individu.
    • Tugas dikirim ke email semua siswa.
    • Siswa mengunduh file tugas dari email, dan menyelesaikan tugas tersebut.
    • Siswa mengirim tugas kepada seluruh teman sekelas dan guru pengajar.
    • Setiap siswa membuat resume atau reviu dari karya teman-temannya.
    • Setiap siswa mengirim hasil resume atau reviunya kepada guru.
    • Guru membaca dan mereviu seluruh karya siswa dan memilih yang terbaik.
    Tahapan dalam pembelajaran:
    1. Mendiskusikan hasil tugas terbaik siswa berdasarkan reviu  guru bisa melalui PPt atau dibacakan secara lisan oleh guru/siswa yang ditunjuk.
    2. Untuk langkah ke-2 sampai ke-8 secara garis besar sama dengan langkah pada Model-1.

No comments :

Post a Comment

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.