Thursday 10 July 2014

Kota Ini Tak Izinkan Warganya Pakai Smartphone di Malam Hari


Dewan Pendidikan Kota Kasuga, Jepang, mengumumkan sebuah aturan baru yang mengharuskan para pelajar sekolah menengah pertama (SMP) berhenti menggunakan smartphone setelah pukul 10 malam.

Sistem pengawasan akan diserahkan pada kolaborasi antara guru dan orangtua murid di sekolah. Mereka harus mengawasi dan melarang anak-anak mereka menggunakan smartphone dari jam 10 malam hingga 6 pagi.

Menurut yang dilansir laman Wall Street Journal, Rabu (9/7/2014), hasil survei Dewan Pendidikan Kota Kasuga menunjukkan bahwa di tahun 2013 kemarin sekitar 52% pelajar SMP di Jepang memiliki smartphone. Hampir setengahnya diketahui menggunakan iPhone besutan Apple.

Presentase tersebut meningkat pesat dibandingkan tiga tahun sebelumnya. Dewan Pendidikan Kota Kasuga di tahun 2011 lalu mencatat hanya ada 2,6% pelajar SMP di Jepang yang memiliki smartphone.

Dengan penggunaan perangkat mobile, orangtua dan guru menjadi lebih sulit melakukan pengawasan akses internet yang dilakukan para pelajar. Selain itu, ancaman cyberbullying yang diklaim akhir-akhir ini meningkat di Jepang juga menjadi alasan utama dirilisnya aturan baru ini.

Untuk menyukseskan aturan tersebut, pihak Dewan Pendidikan Kota Kasuga telah mengirimkan poster dan brosur ke enam SMP di wilayah mereka. Isi poster dan brosur tersebut mengajak para pelajar untuk lebih bersabar dan disiplin dalam memanajemen waktu akses internet.

Selain di kota Kasuga, kota Kariya di Jepang telah lebih dulu menerapkan peraturan serupa. Mereka bahkan membatasi penggunaan smartphone untuk pelajar SMP mulai dari jam 9 malam.

Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/2074858/kota-ini-tak-izinkan-warganya-pakai-smartphone-di-malam-hari

No comments :

Post a Comment

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.