Sunday 10 April 2016

APLIKASI KKM KURIKULUM 2013 JENJANG SMP MENGGUNAKAN MS EXCEL

Sudah sejak 3 tahun yang lalu, kurikulum 2013 mulai dilaksanakan di Indonesia. Kurikulum ini adalah pengganti atau lebih tepatnya sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum 2006. Penyempurnaan dilakukan pada 4 standar dari 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian. Untuk empat standar lain, yaitu Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan tidak mengalami perubahan.

Tulisan ini, bersinggungan dengan 2 elemen yang berubah yaitu Standar Isi dan Standar Penilaian. Sesuai dengan Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2015, maka guru perlu menyusun nilai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) atau Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan pedoman tersebut, KKM aspek sikap spiritual dan sosial (KI-1 dan KI-2) minimal adalah BAIK, sedangkan KKM  aspek pengetahuan dan keterampilan minimal adalah 60. Satuan pendidikan dapat menetapkan KBM/KKM lebih dari 60 sesuai dengan memperhatikan kemampuan awal  siswa, kerumitan kompetensi, dan keadaan sumber daya pendidikan di satuan pendidikan tersebut.

Nah, untuk memenuhi tuntutan pemenuhan dokumen KKM oleh guru tersebut, maka saya mencoba membuat sebuah aplikasi berbasis Ms Excel yang digunakan untuk menyusun KKM jenjang SMP. Aplikasi ini saya beri motto: 1 untuk 39, artinya cukup 1 file bisa digunakan untuk 13 mata pelajaran dan 3 tingkat kelas, artinya 1 file yang saya buat bisa digunakan oleh seluruh guru mata pelajaran yang mengajar di SMP. Guru tidak perlu menginput KD karena KD semua mata pelajaran dari kelas 7 sampai kelas 9 sudah saya masukkan di dalamnya.

Berikut ini screen shootnya:






Berikut ini link uji-cobanya, saya baru memasukkan untuk kelas 7 saja. Klik Dropbox.UNDUH
Semoga bermanfaat....

14 comments :

  1. Sebuah karya inovasi yg sangat bagus Maz Gun, semoga Allah selalu mempermudah jalan Maz Gun dlm mengembangkan ilmu bagi anak bangsa. Terus berkarya, Salam Pendidikan

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas support serta motivasi Bapak, semoga demikian juga Allah melimpahkan jalan kebaikan bagi Bapak... Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi ujicoba sudah saya sertakan linknya Pak, monggo diunduh... Tapi masih belum memuaskan...

      Delete
    2. mantap aplikasinya mas. kl mau ubah jadi85 kkmnya bgm. ini untuk seni budaya mas

      Delete
  3. Replies
    1. Hix-2x,
      Thanks , I hope this is useful for the whole school teachers who require...

      Delete
  4. Assalamu'alaikum
    pa Gun ini worksheet nya di protect dan harus ada password kalau mau dirubah ya

    ReplyDelete
  5. Wa'alaikum salam wr wb. Benar Mbak.. tetapi karena KI dan KD nya sudah diubah lagi oleh kementerian.. maka file KKM ini saya nyatakan tak berlaku lagi. Mohon maaf.

    ReplyDelete
  6. Passwordnya mana???apa aplikasinya dijual??

    ReplyDelete
  7. Terimakasih aplikasinya Pak. Semoga ini mejadi amal soleh. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Makasih sejawat. Moga jadi amal jariah disisi Allah, aamiin

    ReplyDelete

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.