Thursday 13 June 2013

Jadwal Mengajar Menggunakan Excel


Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tentang cara membuat jadwal mengajar menggunakan Ms Excel. File yang saya shared ini memang bersifat sederhana, namun jika Anda memiliki kemauan untuk mengembangkannya, dipastikan membuat jadwal mengajar menggunakan Excel secara manual cukup mengasyikkan. Bagi seorang wakil kepala sekolah urusan kurikulum yang salah satu tugasnya adalah membuat jadwal mengajar guru, maka kemampuan mengoperasikan Ms Excel untuk menyusun jadwal sangat diperlukan.


Pertama-tama yang harus disiapkan adalah lembar kerja Ms Excel dalam beberapa baris dan kolom sesuai kebutuhan sekolah anda. Susun secara menarik, namun pastikan mudah terbaca.

Di bagian bawah, ditampilkan indikator jumlah jam mengajar masing-masing guru dalam tiap-tiap kelas. Tujuannya supaya guru tidak kelebihan atau kekurangan jam dalam sebuah kelas alias jumlah jamnya bisa pas sesuai pembagian tugas.

Di bagian kanan, ditampilkan indikator letak guru mengajar yang mana akan menunjukkan tanda jika TUMBURAN atau masuk kelas yang sama dua kali dalam satu hari diselingi pelajaran yang lain.

Kiranya ini saja pengantarnya, silakan ikuti tautan jadwal mengajar berikut untuk mengunduh filenya.
 

JADWAL KEGIATAN PEMBELAJARAN

8 comments :

  1. Replies
    1. tolong kasih saya alamat email, nanti saya kirim via email aja. Mohon maaf, saya lupa passwordnya. Atau nanti kalau dah ingat, sy kirim ya. hehehe

      Delete
  2. mas password-nya apa? tolong kirim ke basrisaiful45@yahoo.co.id terimakasi sebelumnya

    ReplyDelete
  3. mizublackx@gmail.com
    mas minta tolong passwordnya apa?

    ReplyDelete
  4. passwordnya ? kirim aja ke goes_sobar@yahoo.com
    trim's

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, tautan sudah saya perbaiki. sekarang tidak dipasang password. Mohon unduh lagi bagi yang membutuhkan. Mhn maaf.

    ReplyDelete
  6. PASSWORDNYA DONG
    delneonub@gmail.com

    ReplyDelete

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.