Friday 30 October 2015

Jadwal KBM Pakai ASC Timetables dan Excel Super Cepat

Dari tahun 2012 yang lalu, saya berpikir membuat jadwal menggunakan Ms.Excel itu sudah cepat dan baik, dengan modifikasi warna maka akan segera ketahuan jam pelajaran yang gadok (tumburan). Waktu itu saya membutuhkan waktu semalaman tanpa henti untuk membuat jadwal dengan jumlah 18 kelas 35 guru. Awalnya sih tidak masalah dan enjoy aja, tetapi jika guru cuti di tengah semester, membuat saya jadi kelelahan juga.

Tahun 2014, teman saya Pak Oka Giriyana mengenalkan kepada saya aplikasi asc timetables. Alhamdulillah, aplikasi itu saya gunakan. Awalnya hasil asc itu saja yang saya printscreen, terus ditempel, sudah cukup. 
Contoh yang ditempel adalah sebagai berikut:

Namun demikian, untuk tertib administrasi, itu terasa belum pas dan tidak bagus. Maka saya berusaha membuat konversi dari asc ke excel, kemudian membuat jadwal dalam bentuk Excel. Hasilnya, mulai TP. 2015/2016 benar-benar sudah seperti yang saya harapkan. Tidak pakai ngetik manual, hasil export dari asc bisa dicopy paste ke file jadwal excel yang saya desain sedemikian rupa sehingga tampilannya sama seperti yang tahun pelajaran sebelumnya. Duh, senang sekali rasanya. 

Sekarang, mau ganti jadwal tiap minggu juga gak masalah, cukup 5 menit sudah selesai termasuk mencetaknya. Ini berbicara tentang orang yang sudah tahu asc dan excel ala kadarnya. Saya mempersilakan siapapun untuk mengembangkan lagi aplikasi excel yang saya buat ini. Tanpa password, tanpa bahasa pemrograman, tanpa macro, tanpa biaya, gratis. Lebay ya....?

Langkah kerja membuat jadwal perpaduan antara asc dan excel versi saya adalah sebagai berikut:

  1. Buka file Excel, inputkan data guru di sheet IN GURU.
  2. Isi Pembagian Tugas KBM dengan benar, yang di file Excel harus sama dengan yang di asc.
  3. Pastikan generate asc berhasil, kemudian export ke bentuk excel.
  4. Copy sheet per sheet sesuai kode mapel.
  5. Jika ada jam ke nol, misalnya untuk pengembangan karakter, mengaji, baca Al-Qur'an dan sebagainya, maka gunakan copy-paste special di sheet IN REK.
  6. Untuk piket, masih diatur manual di sheet PIKET.
  7. Lain-lainnya, silakan pelajari sendiri.

Anda bingung, silakan email: gunanto75@gmail.com.

Semoga bermanfaat, bagi yang suka silaakn unduh file berikut:
1. Rombelnya 18:
    File Excel: https://www.dropbox.com/excel-18-rombel-e
    File asc: https://www.dropbox.com/s/asc-18-rombel

2. Rombelnya 21:
    Excel: https://www.dropbox.com/JADWAL-SMPN-TRIMURJO-201516-SMT2-BY GNT
    Asc: https://www.dropbox.com/asc-21-rombel

16 comments :

  1. asc nya pake versi brp itu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Rifai, anda bisa konfersi hasil jadwal dari ASC TimeTable ke format EXCEL dengan mudah pakai aplikasi ASC Converter. Hampir 200 kelas lebih dapat dikonversi ke model excel hanya 2x klik.
      Anda juga bisa menggunakannya untuk entri jadwal ke ASC lebih cepat dengan bantuan aplikasi XML Creator. Semuanya bisa anda unduh di tautan berikut:
      https://www.dropbox.com/sh/9ern3zfneidw7vq/AABhf6UEOW3SPq89J_PMNduJa?dl=0
      Senang membantu Anda.
      Semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Replies
    1. هل يمكنك ارسال النسخة 2016.8.2

      Delete
  3. Menarik...
    Cuman blon paham, sheet INPUT dari mana asalnya atau bagaimana ngisinya.
    Hasil export dari ASC, ngisi manual (data dari mana?) ato bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Anda penggunak asc, saya bisa memandu via email atau Telegram @gunanto75. Keep smiling...

      Delete
    2. Bpk. Moto, anda bisa konfersi hasil jadwal dari ASC TimeTable ke format EXCEL dengan mudah pakai aplikasi ASC Converter. Hampir 200 kelas lebih dapat dikonversi ke model excel hanya 2x klik. Semuanya berjalan secara otomatis tanpa Copy dan Paste.
      Anda juga bisa menggunakannya untuk entri jadwal ke ASC lebih cepat dengan bantuan aplikasi XML Creator.
      Semuanya bisa anda unduh di tautan berikut:
      https://www.dropbox.com/sh/9ern3zfneidw7vq/AABhf6UEOW3SPq89J_PMNduJa?dl=0
      Senang membantu Anda.
      Semoga bermanfaat.

      Delete
    3. Wow.... it really works fine...!
      Terima kasih, selamat berkarya dan sukses selalu.

      Delete
  4. Maaf link download untuk ASC Converter saya perbarui ke link : https://goo.gl/TbiMfN
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimaksih sekali Pak Zais..membantu sekali Pak..

      Delete
  5. Cara makai xml creator ny gmn om...

    ReplyDelete
  6. Cara makai xml creator ny gmn om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejujurnya saya belum tahu. Sepertinya itu perlu sedikit bahasa pemrogram.. saya tdk paham.

      Delete
  7. Aduh aduh pada canggih ya utak atik aplikasi jadwal pelajaran. Baru saya buat otaknya, sudah ada yang buat bagus tampilan aplikasinya.
    lebih jelas tentang konvert mengkonvert jadwal silahkan mampir ke :
    www.ekawaluya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karya Bapak tampaknya jauh lebih baik, saya sudah kunjung ke web Bapak..Terus berkarya.

      Delete
  8. izin bertanya pak...untuk mengubah tahun ajarannya gimana ya pak...soalnya itu cuma sampai tahun 2021

    ReplyDelete

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.