Wednesday 12 March 2014

Belajar UN lewat UN Online


Kabar terakhir dari program pemerintah terkait Ujian Nasional (UN) adalah adanya rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk melakukan uji coba UN secara online mulai tahun 2015. Wah menarik juga kan.

Namun demikian, apakah mayoritas sekolah sudah siap menyelenggarakan UN secara online? Untuk sekolah di perkotaan dengan kepemilikan sarana dan prasarana sekolah memadahi tentu tak akan menjadi masalah, tetapi bagi sekolah yang minim fasilitas, terutama fasilitas komputer dan internet, tentu ini masalah besar dan berat.

Pada satu sisi, siswa mungkin belum terbiasa menggunakan komputer, di sisi lain keberadaan komputer di sekolah yang memiliki sarana server lokal memadahi tentu masih sangat minim. Hal ini akan menambah masalah dalam penyelenggaraan UN online.

Meskipun demikian, sebagai guru dan praktisi pendidikan kita tidak perlu takut atau menyerah dengan program ini, anggap saja ini tantangan yang mesti kita hadapi. Sebab kapan kita akan maju jika teknologi yang sudah tersedia tidak kita manfaatkan. Sekarang yang perlu adalah membekali dan menerampilkan guru dalam membuat soal online, kemudian membiasakan siswa mengerjakan ulangan menggunakan fasilitas komputer (online), baik lokal maupun terhubung ke internet.

Berikut ini saya buatkan satu contoh soal latihan untuk melatih siswa.

No comments :

Post a Comment

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.