Tuesday 5 November 2013

Bisakah Aplikasi Dapodik tahun 2013 pakai 2 komputer?

Hahaha... ketawa dulu deh. Ini kisah nyata, pas pekerjaan operator sekolah menumpuk untuk input data PADAMU dan DAPODIK, maka di sekolah kami muncul inisiatif menetapkan 2 operator untuk masing-masing aplikasi. Saya tawarkan ke salah satu teman mau pilih yang mana? PADAMU atau DAPODIK? Beliau milih DAPODIK aja.

Trentengteng.......... Bulan lalu, akhir Oktober 2013 DAPODIK diluncurkan di Kabupaten Lampung Tengah. Ternyata data prefillnya bikin sakit perut dan nangis darah. Mengapa? Karena data awal semua betul-betul awal alias harus edit semua dan banyak sekali. Kalo gak salah ada 1.139 item, dengan rata-rata lebih dari 10 data per item. Mules kan????? Sudah begitu awalnya Operator DAPODIK termasuk saya gak tahu kalau ternyata bisa dikerjakan oleh beberapa orang sekaligus.

Setelah coba-coba browsing tanya sama mbah google, ternyata DAPODIK bisa dikerjakan dalam 2 komputer atau lebih. Yang perlu disiapkan adalah:
  1. Laptop yang ada wifi-nya dan wifi-nya normal dan tahu cara pakai wifi-nya. Banyaknya laptop tergantung kemampuan sekolah dan juga tenaga operator yang mampu komputer tentunya. Wkwkwkwk
  2. Wifi Router (boleh juga pakai modem speedy yang ada wifinya, yang penting ada wifi)

Caranya:
  1. Install aplikasi DAPODIK (download aja di infopendataan) yang terbaru pada satu saja laptop yang bagus sebagai SERVER, yang baru, pakai windows7 aja, yang windows8 atau di atasnya suka eror untuk server DAPODIK, gak percaya buktikan sendiri aja deh, kalo lancar tolong saya dikasih tahu yaaaa, kecuali kalo sama om server Jakarta udah diupgrade......... sehingga compatible dengan semua OS.
  2. Catat  IP4 laptop SERVER, contoh IP4 adalah 192.168.1.3, tapi bisa beda-beda lho...
  3. Pastikan wifi hidup. Di sini saya pakai modem AT&T seri Mifi 2372. Di sekolah pakai modem wifi telkom speedy dan WA.
  4. Hidupin laptop kedua sebagai client, buka IE Mozilla, inget ya Mozilla aja, ketik IP4 milik server di address bar.
  5. Anda bisa pakai laptop ke-3, ke-4, dst, tergantung kemampuan wifi dan kemampuan para operator. Selamat mencoba.
Cara melihat IP4 laptop server:
- Klik Control Panel


- Pada Network and Sharing Center, Klik View network status and task


- Pada View your active networks, klik Connections yang aktif

- Pada W-fi Status, klik Details.

  
- Lihat IP4 address yang ada pada laptop yang dijadikan SERVER
Selain pakai Wi-fi, Anda juga bisa pakai kabel LAN, tetapi syaratnya ada Hub-connector. Caranya sama, cari dulu IP4 Addressnya ya.

D:)).


2 comments :

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.