Thursday 24 January 2013

Memblock touchpad


Touchpad Blocker 1.3 adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mematikan fungsi klik kiri dan kanan pada touchpad yang terdapat di notebook atau netbook. Sehingga, dengan menyalakan aplikasi gratis ini kita bisa mengetik dengan lancar tanpa harus jeda sejenak untuk membenarkan letak cursor yang berpindah sendiri tanpa kita kehendaki.


Sumber: Karpolan.com
Tentu kita sering merasa jengkel ketika kita sedang asyik mengetik di laptop namun tiba-tiba cursor di monitor sudah meloncat ke paragraf atau baris lain. Kalau hal itu terjadi, kita bisa uring-uringan karena harus berhenti mengetik sejenak untuk meng-undo dan mengembalikan cursor ke tempat yang semestinya.

Hal itu bisa terjadi karena touchpad di laptop kita terletak di bagian bawah tangan yang kita gunakan untuk mengetik. Seringkali, bagian bawah tangan kita menyentuh touchpad tanpa kita sadari atau tanpa disengaja. Padahal, touchpad sangat peka. Sedikit saja kita melakukan gerakan di atas papan lembut itu, cursor kita akan bergerak atau berpindah tempat.

Untuk mencegah agar keasyikan kita dalam menulis tidak terganggu oleh cursor yang melompat-lompat liar itu, ada baiknya jika Anda mencoba program berikut ini. Touchpad Blocker 1.3 adalah software yang bisa diunduh secara gratis. Setelah Anda menekan tuts tertentu pada keyboard Anda, software buatan KARPOLAN ini secara otomatis akan bekerja. Dia akan mematikan fungsi klik kiri dan kanan mouse pada touchpad.

Jadi, software ini bekerja berdasarkan prinsip penundaan. Kalau tangan kita secara tanpa sengaja telah menggeser cursor dan mengklik kiri atau kanan (juga tanpa sengaja), maka software ini akan memerintahkan komputer untuk mengabaikan klik tanpa sengaja itu selama beberapa saat. Walaupun  demikian, kita masih tetap dapat menggunakan touchpad untuk memindah cursor dan mengklik kiri atau kanan, tentu bila kita memang ingin melakukannya.

Saya sudah mencoba software ini dan hasilnya memang sangat membantu. Saya bisa lancar mengetik tanpa harus direpotkan oleh cursor yang bergerak sendiri tanpa saya kehendaki. Kalau ingin mematikan atau menyalakan software ini secara cepat, saya tinggal menekan shortcut Ctrl + F9 (default dari programernya). Tetapi saya hanya mencobanya di laptop saya yang ber-OS Windows 7 Ultimate. Saya tidak tahu apakah software ini dapat berfungsi juga di laptop yang OS-nya lain, misalnya iOS Mac atau Linux.

Sofware Touchpad Blocker 1.3 bisa didownload secara gratis di sini.

Anda bisa menyetel durasi penundaan dalam skala milisekon. Anda juga bisa mengatur shortcut apa yang akan digunakan untuk menyalakan dan mematikan software ini. Selamat mencoba.***

No comments :

Post a Comment

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.