Thursday 31 January 2013

Beginilah gambaran perubahan pada elemen kurikulum 2013 yang baru


Elemen Deskripsi
SD SMP SMA SMK
Struktur Kurikulum (Matapelajaran dan alokasi waktu) •Holistik dan integratif berfokus kepada alam, sosial dan budaya •TIK menjadi media semua matapelajaran •Perubahan sistem: ada matapelajaran wajib dan ada matapelajaran pilihan •Penyesuaian jenis keahlian berdasarkan spektrum kebutuhan saat ini
•Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan sains •Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler •Terjadi pengurangan matapelajaran yang harus diikuti siswa •Penyeragaman mata pelajaran dasar umum
•Jumlah matapelajaran dari 10 menjadi 6 •Jumlah matapelajaran dari 12 menjadi 10 •Jumlah jam bertambah 2 JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran •Produktif disesuaikan dengan tren perkembangan Industri
•Jumlah jam bertambah 4 JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran •Jumlah jam bertambah 6 JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran •Pengelompokan mata pelajarn produktif sehingga tidak terlau rinci pembagiannya

Proses Pembelajaran • Standar proses yang semula terfokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati, menanya, mengolah, menalar, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta.
•Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat
•Guru bukan satu-satunya sumber belajar.
•Sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan
•Tematik dan terpadu •IPA dan IPS masing-masing diajarkan secara terpadu •Adanya mata pelajaran wajib dan pilihan sesuai dengan bakat dan minatnya •Kompetensi keterampilan yang sesuai dengan standar industri

Penilaian •Penilaian berbasis kompetensi
•Pergeseran dari penilain melalui tes [mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja], menuju penilaian otentik [mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil]
•Memperkuat PAP (Penilaian Acuan Patokan) yaitu pencapaian hasil belajar didasarkan pada posisi skor yang diperolehnya terhadap skor ideal (maksimal)
•Penilaian tidak hanya pada level KD, tetapi juga kompetensi inti dan SKL
•Mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat siswa sebagai instrumen utama penilaian
•Ekstrakurikuler •Pramuka (wajib) •Pramuka (wajib)
•UKS •OSIS
•PMR •UKS
•Bahasa Inggris •PMR
•Dll
•Perlunya ekstra kurikuler partisipasi aktif siswa dalam permasalahan kemasyarakatan (menjadi bagian dari pramuka)

No comments :

Post a Comment

Mohon komentar yang konstruktif dan positif, terima kasih.